Membangun Karakter Positif Anak Bangsa

Meresensi buku berjudul "Menumbuhkan Karakter Positif Dengan Menulis Puisi" Karya Dra. Lusi Hidayati.




Resesnsi Buku
"Membangun Karakter Positif Anak Bangsa"




Nama  : Ersamayori Tania Safitri
No      : 12
Kelas   : IX-F



SMP NEGERI 1 PATI
TAHUN AJARAN 2013/2014



Judul Buku             : Menumbuhkan Karakter Positif Dengan Menulis Puisi
Pengarang              : Dra. Lusi Hidayati
Penerbit                 : Fire Publisher
ISBN                      : 978-602-99126-9-2
Tebal                     : 71 Halaman
Resensi :

“Membangun Karakter Positif Anak Bangsa”
        Bangsa Indonesia, negara yang kaya, makmur, dan subur akan alamnya di bumi pertiwi. Walaupun begitu, bangsa ini memiliki beberapa probelm. Seperti korupsi, tawuran pelajar, perampokan, dan pelecehan seksual terus marak terjadi. Di negara Ibu Pertiwi ini, masalah yang paling menonjol adalah korupsi. Koruptor bejat di negara ini sudah merajalela. Tak hanya pejabat, siswa-siwi pertiwi pun ikut korupsi, contohnya korupsi waktu. Apakah hal itu akan terus menerus berlangsung..??? hancur sudah negara ini bila anak-anak bangsa akan seperti itu. Karakter-karakternya yang positif sudah hancur teracuni oleh racun dunia.
            Entah akan bagaimana riwayat bangsa ini, jika putra-putri bangsa karakternya semakin bejat dan karakter positifnya semakin hilang. Semakin hancur negara ini jika karakter negatif anak bangsa tetap terpelihara di dalam diri mereka semua. Melalui buku yang berjudul “Menumbuhkan Karakter Positif Dengan Menulis Puisi” karya guru SMP NEGERI 1 PATI, yaitu Dra. Lusi Hidayati yang mengandung nilai-nilai positif untuk membangun karakter positif anak abngsa melalui menulis puisi dan metodi CTL (Cotextual Teaching And Learning).
            Pada umunya, pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, atau kemauan dan tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut, baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan, sehingga menjadi manusia yang kamil.
            Menumbuhkan karakter positif tidak mudah, tidak instan, tetapi membutuhkan sebuah usaha, dorongan dan motivasi sangat diperlukan untuk membangun kembali karakter positif anak bangsa yang sudah runyam. Di dalam buku Ibu Lusi Hidayati menumbuhkan karakter positif dengan menggunskan metode menulis puisi tentang Alam yang diungkapkan melalui bait-bait puisi yang tersusun indah.
            Puisi sendiri memiliki 2 struktur, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Masing-masing struktur tersebut dibagi menjadi beberapa unsur-unsur yang terdiri dari diksi, imajinasi, kata konkrut, majas, vesifikasi, tema, nilai rasa, nada, suasana, amanat, titik kisah, dan latar/setting. Dari semua unsur-unsur tersebut , kita dapat menuliskan puisi tentang keindahan alam, dan yang lainnya.
            Dalam buku Ibu Lusi Hidayati juga menerapkan pembelajaran melalui CTL (Contextual Teaching And Learning). Pembelajaran melalui CTL ini dapat diaplikasikan kesemua pembelajaran karena dapat memfasilitasi terintenalisasinya nilai-nilai karakternya yang ditargetkan. CTL menerapkan 7 kompinen yaitu, kontruksivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilian autentik.
            Buku ciptaan Ibu Lusi ini berguna untuk semua kalangan, terutama siswa SMP untuk pembelajaran dan untuk menciptakan karakter positif kepada siswa-siwi melalui menulis puisi dan melalui pembelajaran CTL. Semoga buku Ibu Lusi Hidayati dapat berguna bagi siswa-siwi di Indonesia.


Maaf bila ada salah kata yang saya ketik. saya hanya siswi SMP yang masih tahap pembelajaran. Terimakasih :)

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH SMP NEGERI 1 PATI

Mading Kelas 9F SMP NEGERI 1 PATI TAHUN 2013/2014

[PO] T-shirt SNSD 3RD JAPAN TOUR PINK-WHITE